Saya sangat jarang menulis tentang sekolah. Namun tahun 2016 silam, saya pernah menulis tentang Hunting Sekolah untuk Asul (anak sulung). Saat itu kami memang baru pindah dari Kalimantan dan sedang mencari-cari sekolah.

Saya & suami percaya bahwa setiap anak itu unik dan memiliki caranya masing-masing dalam belajar sehingga awal kami mencari sekolah memang kami mencari sekolah yang tidak serta merta fokus pada akademis, namun juga memperhatikan segala aspek perkembangan anak termasuk sisi emosinya. Fokus pada proses belajarnya. Bagaimana menciptakan lingkungan nyaman agar anak-anak dapat menikmati proses belajar mereka tidak hanya untuk saat ini, tetapi sepanjang hidup mereka.

Tidak terasa, Asul sekarang sudah lulus dan masuk SD. Melihat perkembangan Asul, kami memasukan Ateng di sekolah yang sama pada tahun selanjutnya (2017).

Awal anak-anak bersekolah, masih sering mereka menangis atau menolak untuk berangkat. Sekarang? Jangan ditanya, saya harus pintar-pintar bernegosiasi agar anak-anak mau pulang. Proses belajar yang menyenangkan dan lingkungan sekolah yang nyaman membuat mereka betah berlama-lama bermain di sekolah.

Hal ini juga yang akhirnya membuat kami memutuskan untuk memasukkan abon ke kelas kelompok bermainnya. Iya, memang awalnya tidak ingin menyekolahkan anak cepat-cepat. Namun dengan penuh pertimbangan akhirnya di tahun ajaran 2018 ini Abon resmi bersekolah di sekolah yang sama dengan abang-abangnya.

Di tahun ke-3 yang sedang berjalan ini, saya pribadi sangat puas dengan perkembangan dan peningkatan kualitas yang terus dilakukan oleh sekolah ini. Pengalaman menyampaikan masukan juga ditanggapi dengan baik. Komunikasi aktif selalu terjalin dan orang tua dilibatkan dalam kegiatan anak.

Tahun ini juga sekolah ini menerapkan pembelajaran sentra-sentra yang selama ini saya tahu. Mulai tahun 2018 sekolah menerapkan “SMART CURRICULUM”. Kurikulum yang dikembangkan dari Kurikulum Nasional (K-13) yang diperkaya dan dideferensiasikan berdasarkan usia perkembangan siswa dengan keragaman bakat dan keunggulan setiap siswanya.

Tahun ini Ateng akan lulus dari sekolah ini. Abon? Kita lihat nanti apakah ia akan terus melanjutkan sampai lulus ya 😀

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun 2016 (Asul) credit pics: papakunpics
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Ateng (2017) credit pic: papakunpics
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah 2018 (Abon) credit pic: papakunpics
Hari Pertama Sekolah 2016-2017-2018
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s