Antara Pekerjaan Rumah dan Menemani Anak

Kadang memang sulit terbayangkan bagaimana membagi waktu antara pekerjaan rumah dan anak saat hamil dan tidak memiliki asisten rumah tangga. Banyak yang mengatakan pekerjaan rumah dapat menunggu namun anak tidak. Ada benarnya juga karena waktu ‘membesarkan’ anak sungguh singkat sekali. Namun bagi saya pekerjaan rumah tetap harus dikerjakan. Rumah yang nyaman dan bersih sedikit akan sedikit mengurangi tekanan emosi (abaikan setrikaan yang menumpuk). Anak pun membutuhkan kemampuan untuk menyibukkan dirinya sendiri tanpa ditemani.

Mulai awal minggu kemarin saya membuatkan kalender dan chart sederhana untuk keseharian kami. Hal tersebut lumayan membantu saya dalam menjalani hari dengan mulus tanpa ada drama-drama yang berarti. Dengan adanya gambar-gambar sederhana, anak-anak menjadi lebih mengerti kapan mereka melakukan aktivitas secara independen.

Kalender
Kalender terdiri dari bulan, hari, tanggal dan waktu yang terbagi atas pagi, sianh dan malam. Setiap malamnya kami membahas apa yang akan dijalankan keesokan harinya.

image

image

Bersama-sama membahas perencanaan besok.

Chart Rutinitas

image

Abaikan gambar yang pas-pas an :p

Chart ini membantu saya dalam menjalani hari ketika kami berkegiatan di rumah saja. Chart terbagi atas gambar anggota keluarga dan waktu (pagi, siang dan malam). Saya berusaha menunjukan kalau ada kegiatan yang lebih singkat atau lebih lama. Ditunjukkan dengan gambar di kertas yang lebih kecil untuk waktu yang lebih singkat dan sebaliknya kertas yang lebih besar untuk kegiatan dengan waktu yang lebih lama.

image

Malam hari atau saat bangun pagi kami membahas kegiatan kami di rumah.

Beberapa hari berjalan, saya juga memberikan anak-anak pilihan dan juga kesempatan negosiasi kapan melakukan kegiatan independen kapan bermain bersama mama🙂

Tagged , , ,

3 thoughts on “Antara Pekerjaan Rumah dan Menemani Anak

  1. bunda rizma says:

    baru berkunjung lagi ke blog mikado, sudah pada besar ya mikado…
    tetap semangat ya bun, smoga diberi kekuatan dan kesehatan serta kesabaran berlebih dalam menjalani lembaran baru ini.
    Tetap saluuut karena bisa berkegiatan dengan anak2 dan tetap mengerjakan pekerjaan rumah, apalagi ada papan aktivitas seperti ini.

  2. Selamat malam, saya Sakhaul Azkya dari ITS. Senang sekali saya membaca blog dari Bunda. Saya ingin meminta izin untuk mengambil gambar untuk data riset saya apakah diperbolehkan? Bisakah saya meminta alamat email atau akun media sosial Bunda untuk sedikit bertanya mengenai tumbuh kembang adik-adik? Terimakasih

    Salam

Leave a Reply

