Truk Semen, Truk Sampah, Truk Penggali dan Truk Lainnya!

Hari ini kami melakukan aktivitas hasil dari observasi yang saya lakukan di permainan sebelumnya (klik untuk melihat tulisan). Saya mengajak anak-anak untuk bermain dengan berbagai jenis truk. Ternyata banyak juga yang kami miliki ya. Hehehe…

image

Peralatan main yang telah disiapkan sebelumnya.

image

Selain truk ada kardus dan juga balok kayu.

Setelah mandi dan sarapan, langsung mereka meluncur ke area main.

image

Masing-masing langsung sibuk sendiri.

image

Bermain bersama.

image

Membangun dan menghancurkan dengan traktor.

image

Buku-buku digunakan untuk memperkenalkan nama-nama truk.

Saya memang sengaja menyediakan mainan yang cukup banyak untuk melihat minat anak-anak lebih ke arah mana (untuk kegiatan selanjutnya dan juga agar dapat ditinggal masak).

Hasil Observasi
Dari sesi permainan ini saya mendapatkan:
– Abang sangat tertarik dengan jenis-jenis truk terutama ‘excavator’. Ia mulai tertarik dengan warna dan bentuk (sering menyebutkan selama bermain) dan ia membangun bangunan dari balok untuk dihancurkan kembali.

– Meskipun sepanjang aktivitas adek lebih banyak mengikuti permainan abang, namun terlihat bahwa ia tertarik meluncurkan truk di seluncuran mobil dan ketertarikannya masih pada roda-roda truk tersebut.

Yang dapat dipelajari di aktivitas ini:
collaborative play (bermain bersama) dan bermain independen
– kreativitas, membuat bangunan
– menyelesaikan masalah (ketika berebutan), mengenal emosi
– mengenal jenis kendaraan, bentuk, warna, berhitung, kosakata, membaca
– mengelompokkan jenis kendaraan, bentuk/warna balok
– mencocokkan benda dengan gambar
– stimulasi motorik halus, koordinasi tangan.

Demikian hasil bermain hari ini. Banyak sebenarnya yang saya pelajari dari mengamati anak-anak bermain, namun saya akan menggunakan hasil observasi yang tertera di atas untuk fokus aktivitas anak-anak selanjutnya.

Tagged , , , ,

2 thoughts on “Truk Semen, Truk Sampah, Truk Penggali dan Truk Lainnya!

  1. farahadibanm says:

    selamat malam… wah postingan di blognya sangat bagus dan inspiratif. alhamdulillah saya jadi punya bahan tambahan referensi untuk mata kuliah yang saya ambil. kebetulan saya kuliah PG PAUD. terimakasih ya kak postingannya bermanfaat. salam kenal.

Leave a Reply

