Jalan-jalan Bertiga Dengan Balita? Siapa Takut!

Pemandangan ibu berkegiatan di luar rumah membawa bayi atau balita lebih dari satu sendirian adalah hal yang biasa di daerah. Bahkan banyak yang memang sehari-hari ditinggal hanya dengan anak-anak karena suami bertugas. Ditambah lagi meskipun tanpa bantuan asisten (dan suami bertugas) mereka masih bisa aktif berkegiatan di komunitas. Hebat ya… Kalau saya mungkin masih belum sanggup tuh. Pasti stock kesabarannya harus luar biasa ya.

Memang terkadang berpergian ber 3 dengan 2 balita itu bisa cukup merepotkan. Tetapi itulah yang sering kami lakukan. Tantangan terbesar adalah menghadapi 2 anak dengan sifat yang memang berbeda. Di tulisan ini ingin berbagi pengalaman saja agar menikmati bepergian hanya dengan anak-anak. Ok, memang kalau di Sangatta hampir tidak pernah kemana-mana bertigaan. Paling hanya keliling kompleks aja. Nah kalau sekarang di Jakarta ini sering banget pergi-pergi ber 3. Tujuan yang paling sering tidak lain adalah… Mall! Maklum lah ya, kalau di hutan tidak ada mall, jadi mumpung di kota puas-puasin dengan yang namanya mall 😀

Persiapan

Apa saja yang selalu kami lakukan/persiapkan sebelum bepergian?
1. Briefing
Sebelum berangkat kemana-mana anak-anak selalu diberi tahu terlebih dahulu. Mau kemana, naik apa, sama siapa dan tujuannya apa. Lalu diingatkan bahwa tidak ada orang lain yang membantu sehingga mereka harus jalan bergandengan tangan atau duduk di stroller.

2. Bawa barang seperlunya
Oke, biasanya kalau pergi ber 3 saja pastinya tidak jauh-jauh dari rumah. Jadi bisa dipastikan barang yang dibawa memang seperlunya seperti: baju ganti anak, tissue basah, tissue, botol minum, snack dan pospak. Semua masuk dalam satu tas dengan barang-barang saya. Make it as light as possible. Lebih nyaman malah tas ransel sehingga bebannya merata ya tidak berat sebelah di pundak.

3. Stroller
Karena tidak mungkin menggendong 2 anak (anak-anak tidak mau pake gendongan pula) maka stroller menjadi keharusan. Oh dan pastinya stroller yang light weight dan mudah dioperasikan dengan satu tangan.

4. Makan kenyang
Nah, sebisa mungkin anak-anak sudah makan berat sebelum berangkat. Jadi di tempat tujuan tidak terlalu repot mengawasi 2 anak makan.

Ketika di tempat tujuan
Oke, ketika sampai di tujuan seringkali kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang telah dibayangkan. Apalagi kalau bepergian saat mendekati jam tidur anak. Lebih heboh lagi ketika keduanya ingin digendong dan tidak mau duduk di stroller. Akhirnya memang harus siap dengan worst case scenario yaitu anak nangis heboh. Ya, siap-siap lah dengan tatapan mata dari segala penjuru. Hihihihi… Tidak jarang lho ketika lagi duduk di suatu tempat makan dan salah satu anak nangis karena tidak sabar mau makan dan satunya lagi nangis karena tidak mau duduk. Akhirnya memang membiarkan anak yang tidak mau duduk itu nangis dalam pelukan (tentunya sebelumnya sudah dijelaskan kalau sekarang duduk dulu untuk makan). Nah biasanya itu akan banyak pandangan-pandangan yang mungkin menurut mereka kita mengganggu kenyamanan ya. Tetapi ya mau bagaimana, namanya anak-anak balita yang masih belajar. Dalam hati “biasa aja kali liatnya” :p. Kalau dulu belum punya anak mungkin tatapan saya akan begitu juga kali ya? Setelah punya anak dan mengalami situasi itu sendiri, sayapun lebih bisa memaklumi ketika melihat ada anak yang nangis atau tantrum di mall karena tidak memperoleh apa yang mereka inginkan.

Lama-lama memang akan terbiasa dan akan jauh lebih bisa mengatasi kondisi-kondisi yang muncul. Practice makes perfect! Yup, dan setelah terbiasa malah saya merasa 2 bocah ini jauh lebih bisa menahan diri dan tidak rewel ketika pergi bertigaan saja🙂

image

Bocah temani mama ketemu teman-teman sekolah (Photo credit: Stephanie)

image

Yang ini gantian adek yang difoto (Photo credit: Stephanie)

Pergi bertiga dengan 2 balita tanpa bantuan? Tetap bisa enjoy dan have fun dong pastinya😉

image

Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: