Saat Anak Bermain Independen

Ada saatnya dimana kami bosan dengan kegiatan yang terstruktur (baca: saya lagi malas menyiapkan bahan atau kegiatan), yang saya lakukan adalah membiarkan anak beraktivitas dengan kegiatan pilihannya dan mengarahkan mereka ke kegiatan independen. Pada saat itulah saya dapat lebih fokus mengobservasi apa yang sedang diminati anak-anak. Bonusnya waktu santai yang lebih panjang. Hehe…

Dari 3 hari observasi yang kami lakukan terlihat bahwa kegiatan favorit anak-anak masih seputar mainan yang memiliki roda dan yang baru adalah tutup botolšŸ™‚ Dalam waktu tersebut pula terlihat semakin terbiasa kakak-adik ini bermain bersama, serta semakin besar kesempatan untuk belajar menyelesaikan masalah karena saling berebut mainan. Sayapun lebih banyak hanya mengamati dan “nimbrung” ketika diajak (karena beberapa kali Mikha minta saya duduk saja).

image

image

image

image

Jadi meskipun terlihat hanya bermain-main, tetap ada yang dapat dipelajari ya. Dari hasil beberapa hari observasi diharapkan kegiatan-kegiatan selanjutnya lebih fokus lagi terhadap minat dan ketertarikan anak.

Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: