Kegiatan “Adult-Interest VS Child-Interest”

Banyak sekali sumber ide kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak di internet ataupun di media sosial. Terkadang saking banyak dan menariknya permainan-permainan yang ada jadi pengen melakukan semuanya dengan anak. Lalu bagaimana kami memilah-milah ide kegiatan yang kami temukan untuk dilakukan bersama anak-anak? Berikut ini yang kami terapkan untuk anak-anak kami.

1. Meminimalkan kegiatan yang bersifat adult-interest (berdasarkan keinginan orang dewasa).

2. Lakukan kegiatan berdasarkan child-interest (yang disukai anak). Cara mengetahui minat anak adalah dengan bermain bersama dan mengobservasi kegemaran anak. Ikuti alur permainan anak dan sesekali kembangkan permainannya dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaan terbuka (open-ended questions).

3. Pilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya.

4. Yang paling penting, utamakan proses permainan/kegiatannya bukan hasilnya.

Kegiatan berdasarkan “Adult-Interest”
Mayoritas kegiatan di blog memang berdasarkan kegemaran anak-anak. Ada kalanya saya ingin memperkenalkan suatu kegiatan baru (agar tidak monoton) atau saya ingin memperkenalkan kosakata-kosakata baru sehingga kami melakukan kegiatan di luar kegemaran anak-anak (Mikha khususnya). Salah satu kegiatan adult-interest seperti aktivitas “Mana Anaknya?” berikut ini.

Aktivitas mencocokan binatang dewasa dengan anak-anaknya ini memang berdasarkan keinginan saya untuk memperkenalkan jenis-jenis binatang (dan anaknya) kepada Mikha.

image

Gambar anak binatang ditempelkan pada gelas plastik, binatang dewasa ditempelkan pada sedotan.

image

Ajak anak untuk mencocokan gambarnya.

Dari kegiatan ini anak dapat mempelajari:
– Bahasa: kosakata, bercerita
– mencocokan, memasangkan
– stimulasi motorik halus

Kegiatan Berdasarkan “Child-Interest”
Nah, kalau aktivitas berikut benar-benar berdasarkan minat anak. Kami pernah melakukan kegiatan “Pancing Ikannya!” dan anak-anak senang betul. Kali ini kami melakukan kegiatan pancing lagi, namun yang dipancing bukan ikan melainkan huruf-huruf magnet.

image

Huruf magnet, pancingan bermagnet

image

Sambil memancing, sambil memperkenalkan huruf

Yang dapat dipelajari dari kegiatan ini:
– Mengenal huruf
– Mengenal warna
– kosakata, bercerita
– berhitung
– stimulasi motorik

Jadi begitulah kira-kira kegiatan kami sehari-hari. Kegiatan yang bersifat “adult-interest” biasanya hanya berlangsung 5 sampai 10 menit (bila anaknya tertarik bisa diperpanjang lebih lama) dan kegiatan yang bersifat “child-interest” bisa berlangsung 15-20 menit lalu dilanjut dengan bermain secara independen (bisa sampai 1 jam). Jadi memang terlihat bila kita melakukan kegiatan yang berdasarkan kegemaran anak maka rentang waktu bermainnya bisa lama bahkan sampai ditinggal sendiri juga bisašŸ™‚

Tagged , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: