Tenggelam atau Tidak?

image

Dua mainan kegemaran Mikha adalah bola dan mobil-mobilan. Sehingga bila ingin memperkenalkan suatu aktivitas baru saya berusaha tidak meninggalkan mainan-mainan favoritnya itu.

Hari ini saya menggunakan bola dan mobil-mobilan untuk memperkenalkan konsep mengambang dan tenggelam pada Mikha. Saya ingin menunjukkan bahwa ada benda-benda yang tenggelam bila dimasukkan dalam air dan ada yang tidak tenggelam.

Bahan:
– Wadah berisi air,
– Benda-benda yang dapat mengambang dan tenggelam.

image

Saya menggunakan mainan-mainan ini

Kegiatan:
Seperti biasa, ketika melihat air, bola dan mobil-mobilan langsung antusias dan kegirangan.

image

Mulai dengan memasukkan kelereng

image

Lalu bola plastik

image

Saya ajak Mikha mengamati kelereng yang tenggelam dan bola plastik yang tidak tenggelam.

image

Berlanjut memasukkan mobil-mobilan

Saya sempat menyediakan 2 keranjang dengan gambar ‘tenggelam’ dan ‘tidak tenggelam’. Namun kami tidak terlalu fokus pada keranjang tersebut. Hanya selewatnya saja.

image

image

image

Kami lebih fokus mengamati benda-benda di wadah yang tenggelam dan yang tidak.

image

image

Semua dimasukkan lalu diamati

Yang dipelajari:
– Bahasa: kosakata, bercerita.
– Matematika & Ilmu Pengetahuan: berhitung, konsep mengambang dan tenggelam.
– Stimulasi panca indera (sensory play).

image

Adik Deo seru dengan bola dan botol

Tagged , , ,

2 thoughts on “Tenggelam atau Tidak?

  1. niaharyanto says:

    Wah… Mikha hebat. Udah kayak ahli fisika mainannya. ^^

Leave a Reply

