Aku Sedih, Marah atau Senang?

image

Credit: The Natural Parent Magazine

Pagi ini saya buka Path dan ada seorang teman yang posting gambar di atas. Mengutip kata teman saya “Anak berhak nangis untuk mengekspresikan perasaannya”. Memang kadang tanpa disadari sebagai orang tua sering ketika anak nangis kita berkomentar atau menasehati “Jangan nangis ya”. Padahal anak sedang mengekspresikan perasaannya, tidak jarang emosi perasaan tersebut akhirnya terpendam dan menumpuk sehingga merugikan kesehatan anak. Kita aja sebagai orang dewasa kadang dengan menangis perasaan menjadi sedikit lebih lega ya…

Berangkat dari hal tersebut, hari ini saya ingin memperkenalkan basic emotions (emosi dasar) kepada Mikha.

image

Basic Emotions. Credit: wikipedia

Dari 6 emosi (perasaan) yang terlihat di gambar, saya memilih 3 emosi yang lebih sering dirasakan anak-anak. Saya tidak sekaligus memperkenalkan semua agar lebih mudah dan fokus.

Bahan:

image

Gambar emosi senang, sedih dan marah yang ditempelkan pada stik es

image

Masing-masing stik emosi ditempelkan pada gelas plastik

Kegiatan:
Pertama-tama saya memperkenalkan masing-masing perasaan dengan memberikan contoh dan menceritakan saat-saat saya atau Mikha merasakan emosi tersebut. Saya juga sempat mengajak Mikha untuk mengekspresikan senang, marah dan sedih.

image

Ekspresi sedih ala Mikha (adek Deo mengamati di belakang)

Kemudian minta anak mencocokan masing-masing perasaan.

image

Cocokkan sambil mengekspresikan emosi masing-masing

image

Sedih, marah dan senang🙂

Bila ingin dilanjutkan dengan kegiatan berhitung dapat juga menempelkan angka-angka pada gelas plastik.

image

Yang dipelajari:
– Bahasa: kosakata, bercerita
– Mengekspresikan perasaan/emosi
– Konsep dasar matematika: pengelompokkan, berhitung

Kegiatan ini juga terinspirasi dari kegiatan yang dilakukan di Learning4Kids.

image

Credit: Learning4Kids

Tagged , , , , , ,

4 thoughts on “Aku Sedih, Marah atau Senang?

  1. Erlina says:

    Inspiratif mak, salam kenal:)

  2. bagus banget idenya mak.. btw, Mikha umur berapa tahun ya..

Leave a Reply

