Jadwal Kegiatan Sehari-hari Kami di Rumah

Ada seorang teman yang bertanya di salah satu tulisan saya. Apa saya menyiapkan activity plan atau kegiatan untuk Mikha? Selama ini saya tidak pernah menyiapkan rencana kegiatan yang terstruktur. Seluruh kegiatan kami di rumah tergantung minat dan kegemaran Mikha pada saat itu. Paling kalau saya mempersiapkan sesuatu, saya siapkan pada malam hari. Lebih sering baru kepikiran pas pagi harinya😀 Kami tidak (belum) pernah memasang target pencapaian pada anak-anak, yang kami lakukan adalah memberikan berbagai macam kegiatan dan pengalaman kepada mereka melalui kegiatan yang menyenangkan atau bermain.

Sebagai contoh suatu malam Mikha bermain dengan balok-balok pasang. Nah, esok harinya sayapun mengajak Mikha bermain lagi dengan balok pasang.

image

image

Saya tambahkan beberapa mainan selain balok

image

Anak di extend permainannya dan diajak bercerita

Dalam kegiatan tersebut saya tambahkan kegiatan bercerita, berhitung dsb. Jadi tanpa disadari sambil bermain iapun memperoleh sesuatu. Kalau untuk Deo…

image

Biarkan ia bereksplorasi saja🙂

Kami berusaha membangun rutinitas sehari-hari dengan jadwal yang tidak jauh berbeda (kecuali sabtu minggu ya). Kami baru saja akan menggunakan jadwal bergambar kegiatan sehari-hari yang ada di bawah ini. Jadwal dapat diubah sesuai kebutuhan. Semoga dapat konsisten menjalankannya ya.

image

image

image

Sebenarnya untuk Mikha sudah cukup konsisten menerapkan jadwal sehari-hari. Yang masih sulit itu Deo karena masih nyusu dan kadang sulit ditinggal tetapi sebisa mungkin stick to the plan. Jadi ada kalanya saya masak dengan suara tangisan di latar belakang🙂

Tagged ,

4 thoughts on “Jadwal Kegiatan Sehari-hari Kami di Rumah

  1. hastin says:

    Asiiik akhirnya posting jadwal jg 😁

  2. ayu says:

    Salam kenal ya mba..blog nya inspiratif sekali,kerenn.
    mba, klo blh tau sjk umur brp ya mikha punya jdwl kegiatan play base learning ?
    pgn sharing lbh byk deh,,blh minta contact email nya kah mba?
    thank in advance

Leave a Reply

