Meningkatkan Minat & Kemampuan Anak Bercerita

image

Credit: myrru

Tahukah bahwa tanggal 20 Maret itu dirayakan sebagai “World Storytelling Day” atau Hari Bercerita Sedunia. Jujur, saya baru tahu hari ini karena ada yang posting dan terbaca di newsfeed FB saya.

Pada Hari Bercerita Sedunia, sebanyak mungkin orang bercerita dan mendengarkan cerita di tempat sebanyak mungkin, pada waktu yang bersamaan. Peserta bertukar cerita untuk membagi pengalaman, menginspirasi dan membangun menciptakan hubungan internasional. Setiap tahun mereka memiliki tema berbeda yang telah disepakati secara bersama-sama. Tema tahun ini adalah “monsters and dragons”. Untuk lebih lengkap mengenai “World Storytelling Day” dapat dibaca di sini.

***

Tadi sekilas tentang “World Storytelling Day”. Kira-kira apa yang sering dilakukan papa dan mama di rumah untuk meningkatkan minat dan kemampuan anak bercerita di rumah selain melalui buku cerita dan mengajak berkomunikasi? Hal sederhana yang kami lakukan adalah mengajak anak untuk merencanakan dan menceritakan kembali kegiatan sehari-hari di rumah. Konsep ini digunakan pada kurikulum High/Scope yang disebut sebagai Plan-Do-Review.

image

Credit: Oregon Gifts of Comfort and Joy

Secara singkat dan sederhana, proses Plan-Do-Review dapat dijelaskan sbb:
Plan: menceritakan apa yang ingin dilakukan.
Do: menjalankan rencana yang telah diceritakan di tahap ‘plan’.
Review: menceritakan kembali apa yang telah dilakukan.

Jika pada kurikulum High/Scope plan-do-review dilakukan pada saat akan melakukan aktivitas bermain di kelas, saya menerapkan konsep ini untuk kegiatan kami secara menyeluruh. Sebenarnya plan-do-review ini dapat diterapkan kapan saja dan dimana saja tetapi saya lebih sering melakukan ‘plan’ dengan Mikha pada saat ia bangun tidur pagi dan melakukan ‘review’ pada saat akan tidur malam. Rentang waktu yang cukup panjang ya. Namun dengan menerapkan secara konsisten maka seiring waktu diharapkan anak akan konsisten menjalankan apa yang telah direncanakan serta dapat semakin panjang mengingat, semakin detail dan semakin berurutan ceritanya.

Tagged , ,

3 thoughts on “Meningkatkan Minat & Kemampuan Anak Bercerita

  1. Lusi says:

    Waduuuh anakku udah remaja mak. Tapi waktu mereka kecil, mereka lebih suka didongengin nenek atau bapaknya. Katanya saya enggak pandai mendongeng :((

  2. […] hari. Saya pernah menulis tentang kegiatan “Plan, Do, Review” di tulisan berjudul “Meningkatkan Minat & Kemampuan Anak Bercerita” dan kegiatan berikut adalah salah satu permainan untuk kegiatan “Plan” atau membuat […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: