Pengalaman Mengikuti Webinar Homeschooling (Lagi)

Setelah tertunda seminggu dari jadwal awal, akhirnya webinar tentang homeschooling dapat terselenggarakan dengan lancar oleh Rumah Inspirasi. Sudah sejak setahunan lebih yang lalu saya mengikuti Twitter, Facebook dan Web Rumah Inspirasi, dan secara garis besar sudah menangkap konsep dari homeschooling itu sendiri. Bukan pertama kalinya juga saya mengikuti webinar yang diadakan Rumah Inspirasi. Saya sempat mengikutinya tahun lalu dan sayapun sempat menulis pengalaman saya mengikuti webinar tersebut di sini.

Lalu kenapa saya memutuskan untuk ikut lagi?

1. Di tempat tinggal saya jarang sekali seminar dengan topik pendidikan (atau mungkin saya sulit mengatur waktu untuk ikut karena memiliki bayi dan balita) dan webinar ini menjadi momen saya untuk refresh sekaligus meng-update pengetahuan saya mengenai homeschooling.

2. Kalau tahun lalu webinar yang saya ikuti tentang homeschool secara umum, kali ini Rumah Inspirasi mengadakan webinar dengan topik khusus pendidikan usia dini. Pas sekali dengan kebutuhan saya (kami) saat ini.

3. Berharap dapat berkenalan dengan orang-orang yang berdomisili di KalTim😀

Bagaimana kesan webinar kali ini?

Tidak diragukan, bahan dan topik yang disampaikan Mas Aar dan Mbak Lala selalu bermanfaat dan memuaskan. Ketika tahun lalu peserta webinar 60-70an (kalau tidak salah ingat), pada sesi 1 webinar kemarin peserta mencapai lebih dari 2 kali lipatnya (sampai bingung baca chat box :D). Semakin banyak ya yang ingin belajar tentang homeschooling. Kali ini juga saya mengikuti webinar ini di rumah sambil mengeloni anak ke-2 saya, Deo🙂

Apa yang saya dapatkan dari webinar sesi 1 kali ini?

Mungkin boleh dikatakan semenjak mengikuti webinar tahun lalu, saya (kami) telah menerapkan homeschool bagi anak-anak kami. Meski anak pertama saya sudah cukup umur untuk masuk playgroup, kami tidak menyekolahkan dirinya. Aktivitas homeschool kami pun sering saya dokumentasikan di blog ini.

Webinar kali ini menjadi pengingat saya bahwa pondasi pendidikan anak usia dini itu ada pada kedua orang tua. Fokus pada pendidikan usia dini itu bukan pada akademis dan belum pada kemampuan sosialisasi dengan anak lain namun lebih kepada life skill dan juga memupuk kepercayaan anak terhadap orang tua. Hal-hal yang disampaikan Mas Aar dan Mbak Lala meyakinkan keputusan kami sebagai orang tua untuk menerapkan homeschooling bagi anak-anak kami, atau setidaknya menunda menyekolahkan mereka.

Saat ini anak pertama kami 27 bulan dan anak ke dua 8 bulan. Aktivitas lebih banyak merujuk pada aktivitas kakak. Keuntungan homeschool yang dirasakan adalah kami tidak terikat pada waktu belajar yang formal. Apapun momennya, itu menjadi pelajaran bagi anak-anak.

image

Lagi berkunjung ke rumah saudara sambil belajar musik

image

Belajar hitung sewaktu menemani mama belanja

image

Membantu memasak nasi

image

Belajar berbagi dan bermain dengan adik

Pe-er kami (terutama saya) adalah mengatur waktu antara pekerjaan rumah dan waktu mendampingi anak-anak. Dengan mengikuti webinar homeschooling anak usia dini ini diharapkan kami dapat memperoleh tips mengenai materi belajar, kurikulum serta inspirasi mengenai pembagian waktu dalam pembelajaran anak. Tidak sabar mengikuti webinar sesi selanjutnya😀

image

Tagged , , ,

6 thoughts on “Pengalaman Mengikuti Webinar Homeschooling (Lagi)

  1. ridha says:

    Gimana cara ikutan webinar nya mak? Tertarik*

  2. hastin says:

    Asiiiik menang, dapet buku😀

    • Wiena says:

      Hihihi… berjodoh sama bukunya. Waktu itu ditawarin di grup gak ambil dan sekarang dapet bukunya. Memang udah jalannya harus baca buku itu 😁

  3. hastin says:

    aku ikutan beli di grup.. tp smpe skr blm selesai bacanya 😱

Leave a Reply

