Melibatkan Anak Dalam Kegiatan Sehari-hari

Pekerjaan rumah terbesar saya seketika kembali ke rumah setelah liburan panjang hampir 2 bulan adalah:
1. Mengembalikan rutinitas saya (dan anak-anak) kembali normal,
2. Ber multi-tasking antara menemani anak-anak, memasak dan melakukan pekerjaan rumah sewaktu suami bekerja.

Nah hal yang cukup sulit adalah yang nomor 2. Lho bukannya biasanya sudah multi-tasking? Iya, namun entah kenapa Deo sekarang cukup sulit untuk ditinggal (mungkin karena selama liburan terbiasa ada yang menemani selalu). Jadi mungkin sekarang tetangga-tetangga kami heran dengan suara tangisan bayi yang cukup sering karena setiap kali saya harus meninggalkannya untuk melakukan sesuatu, Deo selalu menangis bahkan sampai menjerit. Abang Mikha bahkan kadang suka sampai kehabisan akal mencoba bermain dengan Deo dan akhirnya ia main sendiri di ruang main. Oiya, kami akhirnya membuat area main buat anak-anak. Belum sesuai dengan apa yang diinginkan karena belum ada waktu untuk utak-atik lagi (waktu untuk update blog juga jadi terbatas).

Walau dengan berbagai kehebohan yang terjadi setiap hari, sayapun tetap melibatkan Mikha dalam kegiatan sehari-hari saya. Memasak nasi menjadi salah satu kegiatan yang saya ajak Mikha lakukan bersama-sama. Sehingga sekarang Mikha jadi yang selalu mengingatkan “Mama, masak nasi”🙂.

image

Mikha mengambil beras

image

Menuangkan beras

image

Mencuci beras

image

Memastikan rice cooker on

image

Tadaaa…

Selain agar Mikha dapat mengetahui proses perubahan nasi dari beras (secara sederhana), melalui kegiatan ini saya juga ingin dirinya mendapatkan pengalaman sensory melalui sentuhan & penglihatan serta mengenalkan konsep dasar matematika (menghitung berapa cup nasi yang dibutuhkan, berapa banyak air, dsb). Namun yang utama adalah Mikha nantinya tidak merasa asing di dapur😀.

Setelah masak nasi, kira-kira kegiatan apa lagi ya yang bisa dilakukan bersama Mikha di dapur?

Tagged , ,

4 thoughts on “Melibatkan Anak Dalam Kegiatan Sehari-hari

  1. Anakku 2 Y 5 M juga suka ikut2an kalo mamanya masak nasi mak🙂 tapi cuma liat aja n pegang2 berasnya, hehe.. Salam kenal ya mak..

  2. ridha says:

    Wohoooo.sini mikha masak bareng yuuuk sama Sarah. Selain melatih sensory anak. Ikut membantu di dapur juga mengembangkan imajinasi anak loh mak. Coba dikasih alat-alat dan sedikit bahan untuk Mikha memasak sendiri. Lalu ditanya, mikha lg masak apa?? Jwbn pasti wow deh. Unpredictable. Good job Mikha.

    • Wiena says:

      Lah baru sadar ada komen ini😀 yups, benar imajinasi… mikha baru sebatas main masak2an. Belum masak beneran. Wkwk.. Doi masih eksplorasi sensory banget. Hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: