8 Peralatan MPASI

Sudah genap sebulan adik Deo MPASI, makanannya pun semakin beragam. Memasuki usia 7 bulan ini, ia mulai makan 3x sehari. Pagi: puree buah, siang dan sore: makan ‘berat’ (biasa makan siang dan sore menunya sama). Kali ini saya tidak menulis tentang menu makanannya tetapi sekedar ingin berbagi tentang peralatan yang dipakai sehari-hari dalam membuat dan menyajikan makanan Deo.

Kalau pas Mikha dulu, jauh-jauh hari sudah heboh dan bingung mempersiapkan segala alat, sekarang lebih santai dan seadanya. Mungkin sudah anak ke-2 jadi lebih relax (atau karena ada balita juga jadi cari yang ringkas). Berikut peralatan tempur sehari-hari yang saya pakai untuk menyiapkan menu bayi 7 bulan ini.

1. Saringan

image

Saringan stainless steel yang dibeli saat Mikha MPASI 1,5 tahun yang lalu masih awet dan terpakai untuk menyaring makanan Deo. Keluar kota saringan ini tidak ketinggalan dibawa.

2. Blender

image

Kalau pas jamannya Mikha masih sempat memakai alat ini untuk beberapa makanan, kali ini saya gunakan hanya ketika membuat puree buah. Tidak ada blender spesifik, sekarang di rumah mertua pun memakai blender yang ada disini.

Saya juga sempat mencoba menggunakan grinder yang dipinjamkan teman untuk menghaluskan makanan, namun ternyata lebih nyaman manual dengan saringan.

image

3. Parutan

image

Parutan stainless steel jaman Mikha juga masih bagus namun belum terpakai karena tekstur makanan Deo masih terbilang halus sehingga masih saringan menjadi alat idaman. Namun alat ini berguna pada saat tidak memiliki blender dan ingin membuat puree buah yang tidak dikukus terlebih dahulu.

4. Kukusan/dandang

image

Alat ini merupakan alat wajib bagi saya karena seluruh makanan Deo adalah hasil mengukus. Alat ini tidak dibeli khusus tetapi memang memakai yang ada di rumah.

5. Talenan & Pisau

image

Sebenarnya harusnya 2 alat ini dipakai khusus agar higenis ya, tetapi saya hanya ekstra memastikan alat yang dipakai bersih.

6. Panci Kecil

image

Alat ini berguna sekali untuk membuat bubur dan kaldu dalam porsi kecil.

7. Alat Makan

image

Awal memperkenalkan makanan saya memisah-misahkan masing-masing makanan sehingga menggunakan mangkuk/piring yang ada batasnya. Sewaktu Mikha saya tetap memisahkan sampai ia berusia hampir 1 tahun karena memang anaknya lebih suka tidak dicampur. Nah kalau Deo lebih suka dijadikan 1 mangkuk/piring seperti gambar di bawah ini.

image

Yang dimasak bersamaan hanya beras dan ayam, sayurnya tetap dikukus terpisah.

8. Kursi Makan

image

Di rumah kami memiliki high chair. Namun karena high chair terlalu tegak dan tidak dapat direbahkan sehingga Deo makan di bouncer atau stroller.

image

Demikian 8 perlengkapan makan adik bayi. Murah, meriah dan sederhana. Sebagai penutup tulisan ini berikut dipersembahkan bayi Deo 7 bulan…

image

Santai ya dek kayak di pantai😀

Tagged ,

11 thoughts on “8 Peralatan MPASI

  1. puspitaheni says:

    Cute boy🙂 Sebenernya peralatan MPASI yang utama ya inilah, punyaku ada yang nggak terlalu kepake, untungnya SC masih bisa dimanfaatin buat masak nasi lembek untuk sehari. Sebangsa food processor merk P*ge*n, mash feeder merk m*nchk*n itu nggak penting banget😀

    • Wiena says:

      SC kalau yg ukuran kecil sayang kepakai cuman sebentar. Ibuku ada yg ukuran besar bisa buat masak macem2 tapi buat makanan bayi kebesaran ya sama aja gak kepake ya..

  2. pipit says:

    bentar lagi ada yang nyusul tuh mom peralatannya… slow cooker merk tak*hi.. Slow cooker sejuta mamak-mamak yang bikin home made mpasi hehehehehe…

  3. terimakasih sudah sharing peralatan mpasi nya ya mak, sedang mencari2 peralatan mpasi juga, semoga ga kalap, baru pengalaman anak pertama soalnya🙂

  4. yukisawa says:

    Bunda, anak saya baru mau mpasi nih bulan depan.karna dana terbatas, mau cicil dulu beli nya (telat yah nyicil nya) hehehe ..masih bingung peralatan mpasi apa yang kudu dipunya pertama yaa..?pengennya beli pigeon foodmaker set..tapi katanya emang ga terlalu guna ya?

    • Wiena says:

      Halo bund. Wah seru ya sudah mau MPASI. Sebenarnya tidak perlu alat2 khusua atau spesial untuk mempersiapkan MPASI kok. Cukup alat sehari2 yg terpakai di rumah. Palingan yg bisa dibeli khusus adalah saringan kawat untuk menyaring makanan anak (jd tidak campur dgn kebutuhan lain). Kalau kukusan kan biasanya di rumah sudah ada ya.

  5. Ummu Zain says:

    bun, referensi resep mpasinya drmn?boleh share nya donk lg bngung nih…hheu mau mulai mpasi

    • Wiena says:

      Wah… Sudah mau mulai MPASI ya? Kebetulan kalau anak ke 2 ini kemarin gak pakai resep. Jadi tergantung bahan apa yang ada di rumah. Kalau referensi resep2 MPASI mungkin bisa cari mamakokihandal.

  6. Hian Nancy says:

    Mau Nanya beli saringan nya dimana ya? Punya saya sering jebol..pingin cari saringan aja yg kuat..trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: