MPASI Deo 6 Bulan

Sudah memasuki minggu ke-2 di bulan Januari, belum sempat saya memperbaharui tulisan di blog ini. Pertama karena memang kami masih di Balikpapan dan kedua karena abang Mikha baru saja pulih setelah 4 hari bermalam di rumah sakit. Sekilas saja tentang yang dialami Mikha yaitu sempat demam naik turun selama 3×24 jam. Setelah diperiksa darah hasilnya trombosit menurun dan sempat turun sampai ke angka 58000 di hari ke-6 sejak demam pertama. Diagnosa dokter Dengue Fever. Virus yang memang hanya mengandalkan daya tahan anak untuk pulih.

Selama di rumah sakit, adik Deo pun terpaksa ikut menginap. Selama 4 hari itu MPASI sedikit terlantarkan. Hanya mengulang-ngulang menu yang pernah dimakan seperti pisang, pepaya dan apel (karena buah-buah tersebut mudah dipersiapkan). Syukurlah Deo sampai saat ini tetap dalam kondisi sehat.

Memasuki minggu ke-3 Deo mulai MPASI, makanan yang diperkenalkan mulai beragam dan kekentalannya pun bertambah. Sungguh pengalaman memberi makan Deo ini sangat berbeda dengan abangnya dahulu. Kalau dulu abang Mikha makan mangap-mangap saja, kali ini Deo makan dengan penuh ekspresi. Dari ketawa-ketawa, senyam-senyum, merem-melek sampai ada saatnya seperti mau muntah (walau ia tetap memakannya :D). Berikut sebagian makanan pendamping ASI yang sempat terekam oleh kamera hp saya:

image

Minggu ke-2 masih makanan tunggal

Kalau pisang langsung kerok pakai sendok…

image

Minggu 2 menuju 3 sudah mulai mix and match😀

image

Sampai hari ini, makanan yang telah dicicipi oleh adik bayi ini adalah:
Buah: pir, apel, alpukat, pepaya, pisang
Sayur: brokoli, labu kuning
Karbohidrat: beras merah, beras putih, kentang, oatmeal
Protein: daging merah

Karena Deo tidak ada alergi makanan maka saya cukup pede memperkenalkan beragam makanan. Saya mengikuti panduan WHO jadi makanan yang saya perkenalkan pun sesuai dengan yang ada di hari itu (sekalian masak untuk abangnya juga).

Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: