Motorik Halus: Bermain Dengan Karet Warna-Warni

Memanfaatkan barang yang ada di rumah. Mungkin itu yang sering terjadi ketika bermain dengan anak pertama saya. Entah kenapa ia lebih senang bereksplorasi barang-barang atau peralatan yang ada di rumah ketimbang mainan yang memang khusus dibelikan untuknya (kayaknya setiap anak gitu ya).

Jadi ceritanya kali ini Mikha menemukan karet rambut saya yang tersimpan di laci lemari (lupa kunci lemari) dan jadilah kami bermain itu. Saya justru lupa bahwa saya memiliki karet rambut warna-warni ini (karena sudah lama tidak berambut panjang).

*****

Alat/bahan:
– karet rambut atau karet gelang
– tabung/rol bekas tissue yang dapat dimasukkan karet.
image

Kegiatan:
Setelah saya menunjukkan cara bermain, Mikha pun langsung sibuk sendiri. Lumayan, membuat dirinya tenang untuk beberapa saat.

image

image

image

Yang dapat dipelajari:
– motorik halus
– koordinasi tangan
– menyelesaikan masalah
– konsep dasar matematika

Tips:
Tabung atau rol tissue dapat diganti dengan yang lain. Bisa juga dicoba dengan menggunakan berbagai benda untuk dikareti (apa ya bahasa yang tepat?) dan juga bermacam-macam jenis karet agar melatih motorik dan kemampuan problem solving anak.

Tagged , ,

3 thoughts on “Motorik Halus: Bermain Dengan Karet Warna-Warni

  1. dhani andhika says:

    Yup…. Ga kepikiran, malah lebih murah dari mainan edukasi yg terbuat dari balokbalok kayu itu. Toh tujuannya sama untuk melatih motorik halus, problem solving, koordinasi tangan juga match. Saluut.

    • Wiena says:

      Hehe iya.. Saya jarang beli mainan. Tapi banyak banget mainan dari kado. Ujung2nya anak2 lebih suka main alat2 yg ada di rumah.

  2. […] memandang sebungkus karet rambut warna-warni milik saya, saya teringat postingan Mak Wiena tentang bermain dengan karet warna-warni. Iseng-iseng saya berikan karet warna-warni itu untuk dimainkan Rayyaan, bersama sebuah botol […]

Leave a Reply

