Mendidik Anak Dengan Positif Melalui Permainan

“Earlier is not better. All children accomplish milestones in their own time” – Maggie Gerber

Merupakan hal lumrah bagi manusia untuk membandingkan sesuatu hal. Sebenarnya selama hal tersebut tidak merugikan diri sendiri atau orang lain tidak masalah ya. Yang menjadi masalah ketika orang membandingkan sesuatu hal dengan tujuan pamer atau menjatuhkan pihak lain. Termasuk ketika kita membanding-mandingkan perkembangan atau kemampuan anak. Saking seringnya hal itu terjadi sehingga sebagian besar menarik kesimpulan bahwa semakin dini anak dapat mencapai suatu prestasi semakin pintar anak tersebut. Sehingga tujuan pengasuhan, mendidik atau menyekolahkan anak itu seringkali bergeser. Padahal seperti yang tertulis pada awal tulisan ini, “earlier is not better” dan “all children accomplish milestones in their own way, in their own time”. Ya, setiap anak unik serta memiliki tahapan sendiri dalam belajar dan mencapai suatu milestone (walau ada standar milestone yang dapat dijadikan acuan).

Itu pula yang sering saya sampaikan melalui tulisan-tulisan kegiatan anak-anak di blog ini. Sejujurnya sulit juga ya, mau seberapa susah berusaha untuk tidak membanding-bandingkan tetapi pasti pernah terbersit sedikit saja ketika melihat postingan status atau foto orang lain tentang pencapaian anak, “kok anak saya belum bisa ya?”. Manusiawi kok (pembenaran).

Bagaimana memaksimalkan potensi anak dalam mencapai milestones pribadi nya? Kalau saya lebih banyak memberi contoh (untuk yang berhubungan dengan life skills), mengajaknya bermain dan memberinya ruang untuk eksplorasi. Kegiatan-kegiatan yang saya share di blog ini sebagian besar bermula dari ketertarikan anak dalam permainan tersebut (child oriented activities). Jadi saya mengikuti lead anak dalam bermain dan saya hanya ikut dalam permainannya. Pada saat saya mengenalkan aktivitas atau mainan baru pun saya hanya menunjukkan di awal dan selanjutnya terserah anak mau mengikuti atau tidak (walau sebenarnya dalam hati gemes pengen anaknya mengikuti seperti apa yang kita lakukan). Meskipun kita hanya menjadi partner dalam bermain, anak dapat semakin berkembang permainannya tanpa harus dituntun oleh orang dewasa. Tetapi memang harus kreatif untuk mengembangkan permainan mereka dan benar-benar mengamati cara bermain mereka.

Kira-kira yang dapat saya bagikan dalam cara bermain saya dengan anak adalah sbb:
1. Bermain dengan posisi se- level dengan anak.
2. Ikut dalam permainan anak
3. Kembangkan permainan anak melalui pertanyaan terbuka, pertanyaan yang memiliki jawaban lebih dari satu. Contoh: mobilnya warna apa? (bukan mobilnya warna merah ya?), kudanya makan apa? (kuda makan rumput ya?), dsb.
4. Observasi anak sehingga kita tau anak tertarik dengan kegiatan apa dan bagaimana cara bermainnya.

Berikut sebagian foto-foto kegiatan anak-anak.
image

image

Dan tidak ketinggalan, peran ayah dalam keseharian anak-anak itu besar sekali. Jadi pasti ada momen bermain bersamašŸ™‚

image

Jadi bagaimana caranya membandingkan anak secara positif? Yaitu dengan tidak membandingkannya dengan anak lain melainkan dirinya sendiri. Melalui aktivitas positif bermain maka kita dapat membantu anak mencapai milestones dengan cara dan waktunya sendiri.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Tabloid Nakita.

Tagged , , ,

3 thoughts on “Mendidik Anak Dengan Positif Melalui Permainan

  1. Saya suka gambar yang terakhir (‘unique in all aspects of development and learning). Saya baru aja ngebahas ini sama suami tadi malem. Seringkali orangtua memahami perbedaan anak ketika belum masuk usia sekolah, tapi begitu masuk sekolah mulai deh ngebanding-bandingin ama temen sebaya, ngebandingin ama kurikulum, dst.šŸ™‚

  2. m_rifqi_s says:

    Namanya anak-anak pasti suka bermainšŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: