Kegiatan Motorik Halus: Memperkenalkan Gunting

Kami sekeluarga baru saja kembali dari libur yang tidak direncanakan. Papa ada keperluan di Balikpapan sehingga kami sekeluarga pun berangkat. Kebetulan juga pas dengan hari ulang tahun Nenes (omanya anak-anak) sehingga sekalian menjadi momen kumpul keluarga (karena Opa dan Uncle Joe juga datang dari Jakarta).

Seperti biasa, ketika tahu akan ke Balikpapan langsung membuat list barang yang ingin dibeli untuk kegiatan sehari-hari di rumah. Incaran kali ini adalah gunting. Sebenarnya Mikha mungkin belum cukup umur untuk menggunakan gunting (karena rata-rata tulisan di kemasan gunting tertulis 3+) namun karena Mikha selalu penasaran ketika saya menggunakan gunting, jadi daripada mengambil sendiri (sudah pasti ia akan mencari cara untuk menjangkau tempat simpan gunting) jadi lebih baik memperkenalkannya pada gunting yang aman.

Alat:

image

Gunting & kertas

Kegiatan:
Perkenalkan gunting dan tunjukkan cara aman menggunakan gunting pada anak yang baru pertama kali memegang gunting. Lalu berilah kesempatan untuk menggunakannya🙂 Saya menggunakan kertas origami dengan tujuan agar dapat disimpan (untuk mengetahui perkembangan anak).

image

Mencoba-coba

image

image

Serius sekali ya

image

Kedua kalinya memakai gunting

Dua kali aktivitas menggunakan gunting hasilnya masih banyak berupa eksplorasi dan memang jari-jarinya belum dapat sinkron untuk memegang gunting. Aktivitas ini cukup ampuh untuk melatih konsentrasi Mikha, karena seperti yang diketahui ia anak yang aktif dan lebih menyukai aktivitas motorik kasar. Sayang ya kalau melakukan aktivitas ini saya tidak (belum) bisa meninggalkannya sendiri, padahal lumayan lho anteng selama hampir 30 menit😀

image

Usaha menggunting kertas

Yang dapat dipelajari:
– stimulasi motorik halus
problem solving
– warna

Tips & Kegiatan Lanjutan:
Walaupun guntingnya aman bagi pemula tetap harus dalam pengawasan. Bila anak telah ‘lulus’ menggunting kertas, dapat diberikan media lain (kertas tebal, karton, benang, kain) untuk digunting dan bisa diperkenalkan gunting untuk tahap selanjutnya.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: