Catatan Mama: Belajar Menyelesaikan Masalah

Butuh kesabaran dan waktu untuk mengajarkan anak agar tidak mudah menyerah pada saat menemukan suatu masalah. Cukup sering kita sebagai orang dewasa mempermudah anak dalam melakukan suatu hal dengan membantunya karena kurang sabar dan biar cepat (termasuk saya). Yang perlu diingat adalah jangan sampai mempermudah diri anak sekarang namun malah mempersulit masa depannya. Problem solving dalam kehidupan sehari-hari perlu latihan dan pastinya tidak akan instan. Hal-hal sederhana seperti memakai baju sendiri, makan sendiri sampai membersihkan tumpahan air selain membentuk kemandirian anak, juga menjadi tahap bagi anak untuk menyelesaikan masalah yang lebih rumit nantinya.

Hari ini Mikha bermain dengan capitan. Apa ya namanya? Alat yang dipakai untuk mengambil piring/mangkuk panas dari kukusan.

image

Yang ini lho

Selama ini ia mengamati saya di dapur menggunakan alat tersebut. Akhirnya ia sendiri penasaran ingin mencobanya.

image

Sebenarnya deg-deg an dan gemas juga lihatnya karena ada makanan di dalam mangkuk plastiknya (ketakutan makanan jatuh ke lantai :p).

image

Walau sempat beberapa kali mangkuk terbalik di sofa, akhirnya Mikha menemukan caranya sendiri untuk menggunakan alat tersebut dan memindahkan mangkuk berisi makanan ke meja di ruang depan (setelah hampir 15 menit). Syukurlah tidak ada makanan yang jatuh ke lantai :p

Yang ingin saya sampaikan di tulisan kali ini adalah biasakan diri untuk memberi ruang (dan dukungan) bagi anak untuk mencoba dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Mungkin saja cara yang ditempuh anak tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan (atau harapkan) tetapi hal tersebut merupakan proses pembelajaran bagi anak. Proses problem solving tersebut juga akan lebih maksimal hasilnya dan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian anak.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: