30 Plays With Dad: Bercerita dengan Boneka Tangan

image

main /ma·in/v1 melakukan permainan untuk menyenangkan hati (dng menggunakan alat-alat tertentu atau tidak).

Bila kita melihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) maka main dapat diartikan seperti yang tertera di atas. Blog MikaDo Project ini sebagian berisi aktivitas bermain yang dilakukan saya bersama anak-anak. Ide-ide bermain untuk bayi & balita banyak saya peroleh dari blog/website luar negeri seperti Learn With Play at Home, Growing A Jeweled Rose, atau melalui Pinterest. Ide permainan-permainan tersebut lalu saya sesuaikan dengan kemampuan anak dan juga bahan yang tersedia di rumah. Memang rata-rata aktivitas yang dilakukan pada blog-blog tersebut merupakan aktivitas seorang ibu dengan anaknya, termasuk juga kegiatan di MikaDo Project.

Terinspirasi dari kegiatan “100 Days of Play” yang diadakan oleh Sun Scholars dan Life at The Zoo, maka selama bulan November dan Desember ini akan dilakukan kegiatan serupa. Namun kegiatan yang akan dilakukan bukan bersama mommy (ibu) melainkan bersama daddy (ayah) karena peran ayah juga penting bagi perkembangan anak-anak. #30PlaysWithDad atau 30 Aktivitas Bermain dengan ayah, 15-30 menit lupakan hal lain selain “main” dan “anak-anak”. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan waktu yang berkualitas bagi ayah dan anak. 

Aktivitas 1:

“Bercerita dengan Boneka Tangan”

Alat:
Boneka Tangan

Kegiatan:
Bercerita adalah hal yang biasa dilakukan bersama anak-anak. Papa sendiri juga sudah pernah melakukannya, namun kebanyakan bercerita dengan buku dimana ceritanya sudah tersedia. Bercerita dengan boneka tangan ini merupakan aktivitas yang jarang dilakukan papa (apalagi tanpa cerita yang diikuti). Kegiatan yang sederhana tetapi bagi yang tidak terbiasa umumnya akan merasa kagok meskipun dilakukan di depan anak-anak.

Awalnya memang sedikit grogi tetapi akhirnya aktivitas mendongeng pun berjalan dengan lancar. Mikha sampai terpingkal-pingkal padahal Papa hanya bercerita tentang kegiatan sehari-hari di rumah😀

Siap mendengarkan cerita papa (tidak lupa boneka pinguin ikut mendengarkan)

Siap mendengarkan cerita papa (tidak lupa boneka pinguin ikut mendengarkan)

Berkenalan dengan burung dan kodok

Berkenalan dengan burung dan kodok

Papa mendongeng dengan boneka tangan

Papa mendongeng dengan boneka tangan

Mikha tertawa sampai terpingkal

Mikha tertawa sampai terpingkal

Kata papa bonekanya mau bobo jadi Mikha mau cium dulu

Kata papa bonekanya mau bobo jadi Mikha mau cium dulu

Tidak ketinggalan adik diceritakan juga

Tidak ketinggalan adik diceritakan juga

Gantian ikutan cerita ke adik

Gantian ikutan cerita ke adik

 

Yang dapat dipelajari:
– Interaksi
Pretend play
– Kosakata

Tips:
Libatkan anak dalam kegiatan mendongeng agar anak tidak hanya duduk dan mendengar. Biasanya menghubungkan dongeng dengan kegiatan sehari-hari anak membuat anak lebih merasa nyambung dengan cerita.

Punya ide permainan/aktivitas ayah dengan anak? Ikutan #30PlaysWithDad yuk. Share ide, tulisan atau foto tentang aktivitas ayah dan anak nanti akan dibuatkan postingan khusus di blog MikaDo Project ini.

Selamat Bermain!🙂

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: