Kapan Anak Potty Training?

“Anaknya umur berapa? Sudah potty trained belum?”.

Balada seorang ibu setelah memikirkan proses weaning with love (menyapih dengan cinta) lalu ada lagi proses lepas diapers. Sebenarnya kapan siy anak siap untuk menjalankan potty training? Jawaban dari berbagai sumber simpel saja yaitu “saat anak menunjukkan kesiapan dan tidak sebelum”.

Katanya semakin cepat diajarkan maka anak akan semakin mudah dalam proses potty training. Ada pula yang mengatakan semakin lama mulai maka semakin sulit untuk lepas diapers. Apakah benar demikian?

Menurut artikel di Baby Center,  anak yang sehat pada umumnya secara fisik dan emosi siap untuk potty train di usia antara 18 bulan sampai 3 tahun. Untuk anak laki-laki dikatakan lebih lama beberapa bulan dibandingkan anak perempuan. Anak di bawah 2 tahun belum mampu menahan atau mengontrol kapan ia buang air kecil/besar.

Ada anak yang mulai potty training sejak usia 4 bulan yaitu dengan melihat tanda-tanda akan buang air kecil atau besar dan dengan membawa anak untuk ditatur. Sebagian besar tidak menyarankan cara ini karena anak yang dilatih potty train dengan cara tersebut ada kemungkinan menemukan masalah pada saat usia sekolah.

Anak pertama saya sekarang berusia 22 bulan dan baru akan mulai potty train. Selama ini ia memakai clodi atau pospak. Awal memulai proses ini saya berulang kali mengatakan ke anak kalau mau pipis/pup di wc. Lalu saya mengamati pola BAK dan BAB nya sehari penuh. Setelah mendapatkan polanya maka di waktu-waktu tertentu saya mengajaknya ke wc untuk BAK/BAB. Sejauh ini masih tebak-tebak buah manggis. Kadang berhasil, kadang tidak. Sepertinya anaknya belum menunjukkan ketertarikan atau kesiapan untuk potty training ini. Namun tetap saya kenalkan dan pakaikan training pants sehari-hari agar ia lebih peka terhadap rasa basah bila BAK/BAB di celana. Ada buku yang rencananya akan saya beli untuk membantu proses potty train ini. Judulnya “Once Upon A Potty”. Nanti akan saya review setelah mendapatkannya ya🙂

Butuh kesabaran dan ketelatenan yang ekstra ya untuk perihal potty training. Apalagi di rumah mengasuh bayi & balita tanpa bantuan. Harus semangat tentunya.

Sumber:
Baby Center. http://www.babycentre.co.uk/x548924/when-should-i-start-potty-training

Tagged

2 thoughts on “Kapan Anak Potty Training?

  1. upik92 says:

    kalo aku semakin sering tt semakin terbiasa mak, jadi bersih gitu.. hehehe moga2 kedepannya gpp.. pdhl anak baru 6m, tapi pup udah di wc terus mak meskipun rempong.. lumayan ngurangin cucian,hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: