Bingung Milih Carseat?

Apa yang pertama kali diincar untuk dibeli (atau berharap diberi) pada saat kehamilan sudah memasuki trimester terakhir? Biasa yang diincar emak-emak itu perlengkapan bayi seperti tas bayi, baju, stroller, gendongan bayi atau bahkan boks bayi. Banyak juga yang menunggu barang-barang lungsuran atau kado setelah melahirkan nanti. Saya sendiri salah satu perlengkapan bayi yang dimasukkan daftar wajib adalah carseat. Ya, karena kami memiliki mobil sehingga carseat menjadi incaran. Seringkali barang yang terbilang cukup mahal itu terlupakan, padahal amat penting bagi yang memiliki mobil pribadi.

Pada saat hamil anak pertama, saya bersama suami rajin membuka-buka web untuk melihat carseat jenis apa yang cocok, terjangkau harganya dan dapat dipakai lama. Bingung ya, karena banyak sekali merk dan jenis carseat dengan harga yang beragam. Jenis carseat yang sempat menjadi incaran kami adalah sebagai berikut:

1. Combi Cororo

Carseat jenis ini memiliki beberapa warna, Untuk range usia 0 – 4 tahun (sampai 18kg). Dapat digunakan pada 3 posisi (rear-facing dan forward-facing). Pada saat itu carseat ini dijual sekitar 2 juta rupiah.

Klik Gambar Untuk Sumber Foto

Sumber Foto : sini

2. Britax

Nah kalau Britax ini review nya rata-rata positif. Memang sudah terkenal di negara asalnya, Amerika. Spesifikasi dan harganya ya tidak jauh-jauh dari merk Combi. Mungkin sedikit lebih di atas.

Sumber Gambar:

Sumber Foto: sini

Merk Britax ini ternyata yang dipakai oleh Prince William pada saat membawa anaknya keluar dari rumah sakit.

Royal Baby in Britax (Sumber foto: sini)

Royal Baby in Britax (Sumber foto: sini)

3. Graco

Dengan fungsi dan spesifikasi yang hampir sama juga dengan merk-merk sebelumnya. Harga Graco ini menurut hasil survey saya memang lebih mahal.

Sumber foto: sini

Sumber foto: sini

Pada saat itu saya dan suami hanya melakukan survey lewat media internet. Akhirnya kami meminta bantuan kakak saya yang berada di Jakarta untuk hunting carseat dengan harapan harganya lebih murah. Ternyata memang benar. Yang saya dapatkan dari hasil survey itu adalah merk-merk carseat yang memang harganya high-end. Ada merk-merk lain dengan spesifikasi yang mirip dan kualitas yang sama bagusnya dengan harga yang lebih terjangkau antara lain sepert Pliko, Baby Does dan juga Coco Latte. Pilihan kami (pilihan kakak saya lebih tepatnya) jatuh kepada Coco Latte Omniguard.

Sumber foto: sini

Ini model barunya (Sumber foto: sini)

Kenapa memilih tipe dan merk ini? Kalau kaka saya katanya karena warnanya bagus dan bahannya nyaman😀 Sebenarnya tipe ini mirip sama carseat Combi Cororo di atas. Carseat jenis ini untuk range usia 0 – 4 tahun (sampai 18kg). Dapat digunakan pada 3 posisi (rear-facing dan forward-facing). Modelnya juga mirip-mirip kan? Namun carseat ini pada tahun 2011 kemarin dibeli kalau tidak salah antara 800-900 ribuan. Kalau harga sekarang mungkin sekitar 1 juta ya.

Dulu sewaktu memilih dan membeli carseat lebih berpatokan kepada harga dan lama penggunaan. Padahal banyak aspek lain yang harus diperhatikan dalam pemilihan carseat untuk anak. Antara lain seperti:

1. Usia, berat anak serta postur tubuh

2. Apakah anak lahir prematur atau cukup bulan

3. Jenis mobil yang dipakai

Jenis carseat juga sebenarnya berbagai macam. Setelah mempelajari lebih dalam berikut saya simpulkan jenis-jenis carseat yang ada berdasarkan usia dan berat badan yang saya dapatkan dari sini.

Rearward-facing Baby Seats

image

Carseat jenis ini menghadap ke belakang. Untuk bayi baru lahir sampai berat 13 kg ( sampai usia sekitar 12-15 bulan). Carseat jenis ini dapat digunakan di kursi depan maupun tengah. Jangan pernah menaruh carseat anak di kursi depan bila terdapat airbag.

Forward-facing child seat

image

Jenis carseat ini untuk anak dengan berat 9 – 18 kg (usia 9 bulan sampai 4 tahun). Bisa diletakkan di kursi depan maupun belakang.

Booster seats and booster cushions

image

Booster Seat


image

Booster Cushion


Carseat jenis ini dapat digunakan untuk anak usia 4 tahun ke atas (mulai 15 kg) dan biasanya sampai usia 11 tahun (36 kg). Carseat jenis ini tidak dilengkapi sabuk pengaman tetapi menggunakan sabuk pengaman yang ada di mobil. Yang perlu diperhatikan pada saat memakai carseat jenis ini adalah pemakaian sabuk pengamannya. Bisa dibaca lebih lanjut di sini. Kenapa carseat jenis ini tidak disarankan untuk anak dibawah usia 4 tahun (di bawah 15kg)? Karena tidak adanya sabuk pengaman khusus. Ditakutkan anak belum dapat menahan impact dari sabuk pengaman dewasa. Bukannya aman malah mencederai anak.

Nah, sudah tau kan sekarang mengenai jenis-jenis carseat? Jadi untuk yang punya mobil dan akan membawa anak jangan lupa dudukan anak di carseat ya. Carseat mahal dan takut tidak terpakai? Kalau kata teman saya “Beli mobil mampu masa beli carseat aja engga. Nyawa anak kok main-main?”. Di luar negeri keluar dari RS bayi sudah harus di carseat. Rata-rata peraturannya anak harus menggunakan carseat atau booster seat sampai usia 12 tahun atau sampai mencapai tinggi minimal 135cm. Lengkapnya bisa dilihat di sini.

Sayangnya di Indonesia sendiri belum ada peraturan ketat mengenai kursi pengaman untuk bayi dan anak. Padahal nyawa taruhannya ya. Meskipun kita merasa aman dan mengendarai mobil secara hati-hati tetapi kita kan tidak bisa memastikan orang lain yang ada di jalan sama seperti kita kan? Saya sudah pernah merasakan dihantam truk kontainer dan selamat berkat sabuk pengaman (itupun masih berasa sakit pundak). Terbayang tidak kalau anak kita di mobil tanpa pengaman?

image

Mikha usia 1 bulan dengan carseat coco latte


image

Deo 1 bulan dengan carseat Baby Elle

image

Punya Deo bisa diangkat seperti baby carrier

image

Deo 4 bulan

image

Mikha walau bosan tetap di carseat

*Saya tidak menerima kompensasi apapun dalam penulisan review ini. Semua tulisan merupakan pengalaman dan pendapat pribadi.

Sumber foto dan jenis carseat diperoleh dari : http://www.childcarseats.org.uk/types/

Tagged , , ,

23 thoughts on “Bingung Milih Carseat?

  1. Catri Purnawita says:

    Yg pny mikha mahal gilak yaa..
    Tp diliat dr body carseatnya emang nyaman bgt…
    Klo pny Deo beli dmn mak? Piro?

    • Yang punya mikha sekarang keluarnya model baru kayaknya 1 jutaan. Yg punya Deo itu cuman sampe 13 kg. Gabung sama stroller dia. Mak Noah kemarin baru beli yg Pliko kayaknya bisa 3 posisi kayak yang punya Mikha deh. Ada merk lain Baby Does juga.

  2. puspitaheni says:

    Pas di Bandar Lampung nggak pakai car seat Mak >.< kebanyakan dipangku sama aku/eyangnya. Di Manado apalagi, soalnya ga ada mobil hihihihi… Doain ya Mak biar beli mobilnya dulu baru carseatnya hihihi

  3. kenyokania says:

    Haaaa… Ini berguna banget. Hal pertama yang gw pikirin (pdhl punya anak aja blom) klo tar udh punya anak ya milih carseat bekekekekkk…

  4. nana says:

    Infonya berguna bgt buat aq yg lg bingung mw beli baby car seat.. tp ga tau jenisnya.. makasih ya bun..

  5. wida says:

    Mbak, Mikha pakai jenis apa itu carseatnya? Aku lagi cari yang bisa dari berat 7 kg sampai lamaaaa..
    Mohon sarannya ya Mbak.. Thanks!

    • Wiena says:

      Halo mba, yg di foto Mikha pakai chocolatte omni guard mba bisa sampai 18kg kalau gak salah. Itu sekarang buat adeknya. Kalau yg mau dari 7kg ke atas bisa coba liat2 Pliko yg bisa 4 posisi atau cocolatte tatamia.

  6. Dias says:

    Bund, aq br aja beli car seat elle yg ky pny deo itu. Kalo buat bayi br lair ato by yg blm bs duduk itu bs dibuat posisi tidur gak ya bun ? Td lupa nanya sm pgawenya. Trims

    • Wiena says:

      Halo, maaf baru bisa balas. Yg carsear elle itu memang pas dipasang jatuhnya gak posisi tidur banget. Jadi harus di pas in sendiri kalau di mobil.

  7. yuke says:

    Wah info nya bermanfaat banget kebetulan lagi pengen beli carseat n cari review berdasarkan pemakaiannya kan lebih afdol..hehee thanks mom dah sharing kyaknya naksir cocolate itu .🙂

  8. nittia endah purawati says:

    Yang baby elle itu ada tipe2nya nggak ya Mbak? Bisa buat mobil apa aja? Soalnya saya baca review2 nya ada beberapa carseat yang harus dicocokin sama mobilnya kayak cocolatte omniguard katanya nggak bisa ya buat dipake di avanza/xenia..thanks sebelumnya ya Mbak..

    • Wiena says:

      Halo mbak. Saya waktu itu beli baby elle yg gabung sama stroller. Dan itu gak bisa diubah posisi. Mobil saya waktu itu xenia. Muat seatnya namun memang seatbeltnya yang kurang panjang sehingga kami ganti seatbelt mobilnya yg lebih panjang.

  9. miya says:

    hai mba, setelah pakai 2 merk itu menurut mba bagus yang mana? cocolatte atau baby elle ? saya masih bingung menentukan antara 2 merk itu. plus minus masing2 merk gimana mba? misal dalam pemasangan, size nya besar mana, lebih nyaman yg mana…maaf pertanyaannya banyak hehe
    thx before

    • Wiena says:

      Halo mbak, kalau baby elle itu khusus bayi. Dan gak bisa di setting posisinya. Utk chocolatte sejauh ini memuaskan dan nyaman bagi anak2 sejak bayi. Memang kalau di mobil tertentu harus diganti seatbeltnya jadi yg lebih panjang. Tapi so far good deal dari sisi keamanan, kenyamanan dan harga🙂

  10. jessie says:

    baiknya milih car seat yg tempat duduknya luas apa yg ramping y mom? bingung.. awalnya pengen car seat disney mickey db01, tp lait yg cocolatte cl 898 lebih gede. harga ga beda jauh

    • Wiena says:

      Biasanya carseat memang lebarnya ramping pas utk anak mom. Kalau yg gede biasa ada tambahan padding untuk anak yg lebih kecil seperti cocolatte yg dipake anak2. Utk newborn ada tambahan padding yg menyangga bagian leher kepala.

  11. enda says:

    Mau tanya ne mbak…nyaman gak pkai babyelle, karna aku baru beli yang kyak punya deo, tp ada rasa penyesalan karna lebarnya ramping bgt, pasa2an ma anak, klo menurut mbak gmn?

    • Wiena says:

      Hai mbak, anaknya usia berapa? Deo waktu itu memang dari newborn dan agak gedean dia ganti carseat. Dia lahirnya pun tdk besar2 banget jadi pas aja buat dia.

  12. yunita says:

    Mba,,mau tany, kalo ganti seatbelt avanza gt brp y mb?soalny sy tlnjur beli omniguard dan mblny avanza -_-

    • Wiena says:

      Mbak, saya lupa harganya. Kalau gak salah utk kursi tengah waktu itu kami pasang seat belt krn gak ada seat belt bawaan. Kalau sudah ada seat belt dan tidak cukup panjang ada yang namanya seat belt extender di ace hardware.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: