Buah Panas, Buah Dingin

Dalam kegiatan sehari-hari, seringkali kita lupa untuk menstimulasi indra pengecap anak. Salah satu kesempatan anak meningkatkan kemampuan indra pengecap adalah pada saat makan. Oleh sebab itu orang tua dianjurkan untuk memberikan variasi makanan sesuai dengan usianya tidak lain untuk memenuhi nutrisinya dan juga menstimulasi indra pengecapnya.

***

Setelah mencari-cari ide kegiatan yang berhubungan dengan indra pengecap saya akhirnya mengambil momen sarapan untuk kegiatan ini. Sarapan Mikha selalu dimulai dengan buah (potong atau jus).

Bahan:
– Buah pir (saya pilih buah ini karena dapat dimakan langsung dan juga dikukus). Potong-potong sesuai ukuran yang dapat dimakan sendiri oleh anak. Setengahnya dibiarkan dingin, setengahnya dikukus.
– Alat kukus

image

Ini yang kiri pir dingin, yang kanan dikukus

Kegiatan:
Kegiatan sensory play yang berhubungan dengan taste (indra pengecap) adalah untuk memperkenalkan rasa yang bertolak belakang pada anak pada saat bersamaan, manis-asin, panas-dingin dan lain sebagainya. Kali ini saya memilih panas (dalam hal ini hangat dan jangan sampai melukai anak) dan dingin karena meneruskan topik kemarin.

image

Inilah ekspresi Mikha saat merasakan pir nya.

Akhirnya yang dihabiskan duluan adalah pir yang dingin. Mungkin karena rasanya berbeda setelah dikukus, atau Mikha menunggu pir dingin dulu ya?

Yang dipelajari:
– stimulasi panca indera
– sains
– bercerita/kosakata

Tips:
Pilih bahan makanan yang aman dan pastikan anak tidak alergi terhadap makanan tersebut. Selalu dampingi anak ketika melakukan kegiatan ini.

image

Adek Deo belum kebagian makan.

Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: