Biru dan Hijau

Panca indera yaitu: alat pembantu untuk melihat (mata), alat pembantu untuk mengecap (lidah), alat pembantu untuk membau (hidung), alat pembantu untuk mendengar (telinga), dan alat pembantu untuk merasakan (kulit/indera peraba)

Diambil dari http://id.m.wikipedia.org/wiki/Indera

***

Anak-anak dan orang dewasa paling mudah belajar melalui panca indera. Banyak kenangan yang terekam jelas oleh orang adalah yang berhubungan dengan satu atau lebih panca indera kita. Sebagai contoh seseorang pernah memiliki kenangan indah sewaktu berkemah. Pada saat itu yang terekam jelas adalah aroma api unggun. Setelah beberapa tahun kemudian ia mencium kembali aroma api unggun, otak secara otomatis akan mengingat kenangan yang ia pernah alami itu. Oleh sebab itu, saya memberikan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan panca indera untuk menstimulasi kemampuan Mikha dalam belajar.

Rencananya hari ini selain bermain playdough, saya akan mengajak Mikha untuk bermain di luar. Namun ternyata cuaca tidak mendukung. Sehingga alat-alat yang dipersiapkan untuk main di luar dipindah ke dalam saja.

Awalnya kami akan menggunakan air sebagai media bermain, tetapi karena mainnya di dalam di modifikasi saja (rombak total lebih tepatnya).

Bahan:
– Berbagai macam mainan berwarna biru dan hijau (boleh warna lain namun saya memilih warna tersebut karena sehari-hari Mikha sering melihatnya)
– wadah/plastik yang cukup besar untuk menampung mainan

image

Kegiatan:
Ide awal permainan ini adalah Mikha bereksplorasi dengan benda-benda yang ada di wadah. Pembedaan warna hanya sekedar ingin melihat bagaimana reaksi Mikha ketika ditunjukkan mainan dengan warna tersebut. Awalnya perhatian Mikha terganggu oleh wadah berwarna hijau dan biru serta mengabaikan benda-benda di dalamnya.

image

image

Bolak balik dan bilang "hat"

Setalah saya menggantikan wadahnya dengan plastik ia pun langsung saja mulai memasuk-masukan benda-benda yang ada di lantai ke dalam tanpa saya berkata apa-apa.

image

Inisiatif Mikha sendiri untuk memasukkan ke dalam plastik

image

Entah kebetulan atau tidak namun mayoritas benda yang dimasukkan berwarna sama

Permainan yang sederhana namun penuh arti bagi anak. Bentuk mainan dapat melatih indera peraba dan warna melatih indera penglihatan.

Yang dapat dipelajari:
– motorik halus
– dasar matematika (warna, bentuk, berhitung, pengelompokkan)
– bercerita
– kosakata baru
problem solving

Tips:
Bila ingin mengajarkan warna yang spesifik kepada anak bisa diberikan satu warna terlebih dahulu. Seiring perkembangan usianya, warna dapat ditambah dan anak dapat diajak mengelompokkan mainan-mainan berdarkan warna, bentuk, fungsi atau lain sebagainya.

Kegiatan lanjutan:
Banyak kegiatan lanjutan yang dapat dilakukan salah satunya adalah Treasure hunt. Ceritanya anak mencari harta karun. Anak mengumpulkan mainannya dan mengelompokkannya sendiri.

Tambahan:
Kami sempat membuat sensory bag. Mainan yang sewarna dimasukkan ke plastik lalu plastik diisi air dan sedikit sabun. Namun belum setengah jam dimainkan plastiknya pecah karena jatuh. Hmm… Harus cari plastik yang lebih tebal sepertinya ya. Ide sensory bag ini saya dapatkan dari Growing a Jeweled Rose.

image

image

"Blue" dan "Green"

Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: