Cara Mewarnai Beras

Ingat kan dengan kegiatan bermain beras yang saya post sebelumnya? Sesuai janji, saya akan menunjukkan cara mewarnai beras. Cara mewarnai beras ini saya dapat dari website Learn With Play At Home dan saya coba lakukan sendiri. Berikut langkah mewarnai beras

Bahan:

image

– Beras putih
– Cuka putih (saya pakai cuka apel karena itu yang ada di rumah. Usahakan pakai cuka putih)
– Pewarna makanan

Langkah:
1. Tuangkan cuka ke dalam wadah. Gunakan kira-kira 1 sdt cuka untuk setiap cup beras. Campurkan pewarna makanan.

image

Saya pakai 1,5 sdt cuka & 1 tetes pewarna makanan untuk 2 cup beras

Menurut blog Learn With Play At Home, selain cuka dapat digunakan alkohol atau bahkan ada yang menggunakan air. Namun menurut penulis di blog tersebut, cuka membantu meratakan warna, membantu mensterilkan beras dan diharapkan beras yang telah diwarnai dapat lebih tahan lama untuk penggunaan lebih lanjut. Mungkin lain kali saya akan coba dengan air atau alkohol untuk mendapatkan perbandingannya.

2. Masukkan beras dan aduk hingga warna merata.

image

image

3. Untuk mengeringkan beras, tuang beras ke wadah datar atau nampan yang telah dilapisi tissue dapur (bisa juga menggunakan aluminium foil) dan ratakan.

image

Waktu mengeringkan tergantung basahnya beras, setipis apa diratakan di nampan dan cuaca. Biasanya hanya butuh beberapa jam, namun saya tinggalkan saja sampai esok harinya.

image

Ada yang gak sabar😀

4. Setelah kering beras siap dipakai.

image

Karena pakai cuka apel aromanya jadi nyengat (-_-)

Selamat mencoba. Nantikan postingan selanjutnya mengenai aktivitas menggunakan beras berwarna ini ya🙂

Tagged ,

4 thoughts on “Cara Mewarnai Beras

  1. istiq says:

    wah,bisa buat reerensi mainannya naura nih mak.🙂

  2. Catri Purnawita says:

    Gak dimasukin mulut mak?
    Aman gak klo misalnya dimasukin mulut sama anaknya?

    • Mikha udah hampir gak pernah masuk2in barang ke mulut. Mainnya tetap didampingi mak. Kalau sudah selsai main disimpen biar gak dimasukin mulut. Rata2 Blbuat 18m+ udah bisa dikenalin main beginian. Sepertinya aman aja kemakan bahannya pewarna makanan, cuka. Kecuali satu cup beras dimakanin. Qiqiqiqi

Leave a Reply

