Melatih Kemandirian Anak

Kalau sebelumnya saya menulis mengenai belajar tanggung jawab maka kali ini saya akan coba untuk berbagi mengenai kemandirian anak. Menurut saya, melatih kemandirian anak bukan berarti anak harus bisa melakukan semua sendiri pada saat ini juga. Melatih kemandirian anak merupakan proses pembelajaran sesuai tahap usia dan porsinya sehingga kelak ia akan dapat melakukan hal yang sudah menjadi tanggung jawabnya sendiri.

Untuk melatih kemandirian Mikha, awalnya saya mulai dengan lebih banyak bercerita tentang apa yang dapat ia lakukan sendiri melalui buku-buku cerita atau saat bermain. Lalu saya mulai memberinya kesempatan untuk melakukan hal-hal seperti makan, minum, lap mulut, pakai sepatu, buang sampah sendiri dan lain sebagainya. Lama-lama Mikha pun dapat dengan sendirinya mengambil makan atau minum di atas meja makan atau mengambil sepatunya ketika akan pergi jalan.

Saat adik Deo lahir, Mikha sudah dapat sedikit-sedikit meringankan pekerjaan saya dengan membantu membereskan pakaian kotor adik atau membuang pospak adik ke tong sampah.

image

Menaruh baju kotor di keranjang laundry

image

Mikha belajar makan sendiri sambil tetap disuapi (saya memegang 1 piring makanan untuk menyuapi)

image

Lap mulut sehabis makan

Bila kita beri kesempatan anak untuk melakukan sesuatu sendiri (dengan tetap didampingi atau dibantu tentunya) maka anak akan belajar mandiri dan melakukan sesuatu tanpa harus dipaksa. Perlu diingat proses pembelajaran itu tidak selamanya indah. Makanan berantakan, tissue berceceran, pakaian kotor bertebaran itu tidak mungkin dihindari. Yang penting nikmati proses pembelajaran itušŸ™‚

Tagged , ,

Leave a Reply

