Kereta Besar, Kereta Kecil

image

Kereta besar dan kecil

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari bermain kereta api kemarin. Kalau kemarin hanya bermain dengan 1 mainan kereta api, kali ini kami bermain dengan 2 macam kereta yang berbeda ukuran. Kereta besar dan kecil.

Di sini saya memperkenalkan kata besar dan kecil. Mikha sedang gemar mengikuti kata-kata (membeo) jadi ia pun mengikuti pada saat saya bilang besar dan kecil. Namun hanya mengikuti suku kata belakangnya saja😀 Setelah itu kami pun berkeliling rumah dengan kereta-kereta tersebut. Keretanya juga sempat melewati terowongan yang terbuat dari bantal.

image

'choo choo' kata Mikha.

Tujuan aktivitas seperti ini adalah agar anak mempelajari ukuran. Untuk Mikha saya hanya menggunakan 2 benda (besar dan kecil) saja. Nanti seiring perkembangan usianya maka dapat ditambah beberapa macam benda dengan ukuran yang berbeda-beda sehingga anak dapat mengetahui (dan menyusun) ukuran benda dari yang paling kecil sampai yang paling besar atau sebaliknya. Aktivitas ini termasuk pembelajaran konsep matematika dasar (ukuran, warna dan pola). Selain itu juga dapat melatih kemampuan anak untuk mendeskripsikan suatu benda dan tambahannya melatih kemampuan motoriknya (berkeliling dengan kereta, melewati terowongan).

image

Kereta lewat terowongan

image

Kereta bobo kata Mikha🙂

Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: