Mengembangkan Permainan Anak.

Sebagai orang dewasa (dan orang tua), seringkali kita kehabisan ide ketika bermain dengan anak namun sebenarnya kita cukup mengamati mereka saat bermain. Mereka sesungguhnya lebih kreatif dibandingkan dengan orang dewasa sehingga seharusnya kita lah yang masuk dan ikut permainan mereka, bukan sebaliknya.

Sering juga anak seumuran Mikha dianggap cepat bosan atau tidak suka suatu permainan karena tidak dapat betah lama-lama. Itu karena memang rentang konsentrasi mereka untuk satu aktivitas masih terbatas (paling lama mungkin 10-15 menit). Ada saatnya pula anak hanya main mainan itu-itu saja. Oleh sebab itu tugas orang tua (atau pendamping) yang mengembangkan permainan anak tanpa harus memaksakan aktivitas berdasarkan keinginan kita.

Dengan Mikha, saya memang lebih sering melepasnya untuk bereksplorasi di rumah. Sebagian besar aktivitas yang kami lakukan bersama tercetus memang dari Mikha sendiri, saya hanya mengembangkan permainannya. Sebagai contoh, dari bermain mainan kereta api kita dapat mengembangkan permainan menjadi aktivitas bernyanyi. Atau dari bermain masak-masakan dapat dikembangkan menjadi aktivitas menggambar.

Dengan begitu, tanpa disadari anakpun dapat dikenalkan dengan berbagai macam aktivitas tanpa harus membuat anak merasa meninggalkan mainan/kegiatan favoritnya. Salah satu contoh mengembangkan permainan yang pernah saya tulis mungkin ‘Satu-Satu’. Kegiatan tersebut tercetus karena kegemaran Mikha dalam bermain mobil-mobilan dan wadah plastik yang dikembangkan menjadi aktivitas matematika dasaršŸ™‚

Yang perlu di ingat adalah pada saat bermain dengan anak, posisikan diri satu level dengan anak (dengan duduk atau berlutut tergantung posisi anak) dan ikuti permainannya. Dengan begitu maka momen bermain akan lebih menyenangkan bagi anak dan juga orang tua (atau pendamping).

image

Bermain kereta dapat dikembangkan jadi bernyanyi 'naik kereta api' sambil berbaris.

Tagged ,

One thought on “Mengembangkan Permainan Anak.

  1. […] cari cara mengembangkan permainan anak (terima kasih dunia maya). Saya sempat menulis tentang “Mengembangkan Permainan Anak” di blog ini. Kurang lebih tulisan ini melanjutkan topik yang pernah saya share pada tulisan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: