Mikha, Televisi & Gadget.

Idealnya anak-anak dibawah 2 tahun dijauhkan dari segala perangkat teknologi dan juga televisi. Tetapi jaman yang sudah maju (dan serba hi-tech) ini sulit juga untuk menghindarinya. Apalagi bagi kami yang tinggal di daerah jauh dari keluarga, mau tidak mau teknologi lah yang menjadi penghubung kami (termasuk untuk mengobati rasa kangen oma opanya anak-anak). Kami tidak melarang anak kami yg berusia 20 bulan untuk bermain perangkat teknologi yang kami miliki ataupun menonton televisi tetapi kami hanya membatasi waktu dan selalu dalam pengawasan.

image

Salah satu mainan memperkenalkan anggota tubuh

Di usianya yang hampir 21 bulan, Mikha tau betul cara mengoperasikan perangkat teknologi dan juga menyalakan/mematikan televisi sendiri. Sehingga kami lebih banyak memasukan permainan dan menyalakan channel-channel televisi yang kami anggap sesuai untuk umurnya. Selain membatasi waktu dan mengawasi ketika bermain perangkat teknologi dan nonton televisi, kami juga mengimbangi aktivitasnya dengan kegiatan-kegiatan fisik dan eksplorasi sesuai dengan usianya (dengan bermain). Kami juga mengajaknya tetap berinteraksi sehingga tidak terjadi komunikasi satu arah terlalu lama. 

image

Mikha banyak belajar lagu dan kata-kata melalui iPad

image

Meski televisi menyala, tetap heboh manjat

Tanpa melarangnya maka kami dapat mulai mengajarkan waktu dan rutinitas (jadi ia tau kapan waktu main/nonton dan kapan berhenti). Semoga dengan cara ini kami dapat meminimalisasi efek buruk dari teknologi serta menghindari ia mencari tahu sendiri dari orang lain mengenai teknologi ketika memasuki dunia sekolah. Kejauhan ya… Tapi lebih baik mengantisipasi bukan? (alasan orang yang hobi teknologi jangan diikuti ya)

Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: