Satu-satu

Sudah sejak lama ingin agar konsisten menulis dalam bahasa Indonesia. Akhirnya blog MikaDo Project inilah yang dijadikan media untuk menyalurkan keinginan tersebut. Selain itu saya mencoba untuk berbagi kegiatan saya dengan anak-anak saya di rumah (atau bisa juga disebut sebagai homeschooling) . Sebenarnya banyak sekali kegiatan yang dilakukan dalam satu hari tetapi tidak mungkin saya merekam dan menulis semuanya. Oleh sebab itu setiap hari (diusahakan) saya akan merekam 1 kegiatan yang dilakukan bersama anak saya dan menulisnya di blog ini.

Kegiatan pagi ini saya beri judul ‘Satu-satu’. Sebenarnya kegiatan ini muncul begitu saja tanpa direncanakan. Judul baru terpikirkan pada saat menulis blog ini😀 Jadi seperti biasa, setelah kelar rutinitas pagi (makan, mandi, dsb), saya meluangkan waktu untuk bermain dengan Mikha (adiknya masih tidur). Seperti biasa pula anak itu masuk ke gudang dan melihat-lihat isi lemari. Lalu ia mengeluarkan wadah plastik kecil-kecil yang digunakan untuk kue (Mikha suka sekali main itu dan biasanya suka dibuang-buang). Tidak seperti biasanya ia menyusun wadah plastik itu satu-satu. Lalu sayapun mengambil mainan mobil-mobilannya dan taruh diatasnya. Jadilah kita bermain ‘satu-satu’. Satu mobil diatas satu wadah🙂

image

Lagi seru menaruh mobilnya diatas wadah plastik

image

Pindah keatas boks baju

image

Hitung dulu "one, two, six, nine"

Kami bermain cukup lama. Sempat berpindah ke sofa sampai ke lemari baju :p Dengan permainan ini sebenarnya secara tidak langsung Mikha belajar matematika dasar. Selain belajar berhitung, dengan memasuki satu-satu mobil ke wadah maka ia belajar untuk memasangkan benda-benda tersebut. Lalu ia juga belajar warna, bercerita dan menyelesaikan masalah (sempat beberapa kali mobilnya terbalik dari wadahnya). Banyak kan yang dipelajari dari satu macam permainan. Bayangkan berapa banyak yang dapat dipelajari anak dalam sehari hanya dengan bermain ya…🙂

image

Atas: mobil-mobilan, Bawah: wadah plastik kue

image

Tiba-tiba hujan deras diluar, kamipun mengamati hujan dari jendela kamar

Tagged , , , ,

One thought on “Satu-satu

  1. upiw says:

    Jadi inget Jenna kalo lagi naik tangga ke jemuran suka berhitung : satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan tiga! Gitu aja terus ber ulang ulang. Gamau dibenerin abis delapan adalah sembilan. Hahaha.. gw sih ga pernah ngajarin.m kayaknya si neng yg asuh jenna yg ajarin..

Leave a Reply

