Membaca Bukan Sekedar Membaca

Membaca bukan sekedar membaca. Apa arti kalimat tersebut? Seringkali kita fokus kepada kemampuan anak untuk membaca huruf, kata atau kalimat. Tidak sedikit anak-anak menjadikan kegiatan membaca itu sebagai kegiatan yang suka atau tidak harus bisa, dengan kata lain terpaksa. Padahal yang jauh lebih penting adalah memupuk kegemaran membaca anak terlebih dahulu sehingga belajar membaca bukan sekedar hafalan dan anak dapat lebih mudah memahami apa yang dibacanya.

Bagaimana caranya? Dengan memberi contoh tentunya. Bagaimana mau anak gemar baca kalau ia tidak pernah melihat orang tuanya memegang buku sama sekali?🙂 “Children see, children do”. Anak peniru yang paling handal.

Jauh sebelum anak pertama lahir, saya selalu gemar mengumpulkan buku-buku anak. Tidak heran sekarang ia baru berusia 20 bulan koleksi bukunya sudah cukup banyak. Namun setelah diperhatikan, rata-rata bukunya dalam bahasa inggris😦 saya selalu mencari buku-buku dengan warna menarik dan kata-kata yang tidak terlalu panjang namun ceritanya bermakna. Buku berbahasa Indonesia masih jarang ditemui yang seperti itu.

Beberapa koleksi buku bahasa Indonesia yang menarik perhatian saya dan disukai anak saya ada di foto berikut.

image

Selain gambar dan warnanya menarik buku-buku tersebut memiliki kalimat yang tidak terlalu panjang. Seusia anak saya gak penting kalimatnya, yang penting gambarnya bukan? Tinggal kreatifitas orang tuanya saja yang menceritakan dan mendeskripsikan setiap detail di buku. Oleh karena itu, gambar menarik itu penting banget (buat saya).

Kegiatan membaca (mendongeng) saya (dan suami) lakukan setiap hari. Biasanya kegiatan ini sebagai pengantar tidur, namun seringkali anak saya meminta untuk dibacakan setiap ada kesempatan. Kadang juga dia bisa ambil buku, duduk dan membacanya sendiri.

Kebiasaan membaca (mendongeng) ini selain memupuk anak untuk gemar membaca & bercerita (dasar untuk membaca) dapat juga menjadi aktivitas untuk melatih kemandirian anak (dengan memilih sendiri buku yang ingin dibaca), mengajarkan waktu (rutinitas sebelum tidur), dasar matematika, menyelesaikan masalah (bila buku disobek) dan lain sebagainya yang mungkin tidak dapat saya jabarkan satu persatu.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk kita mulai membaca dan mendongeng kepada anak-anak.

image

Tagged , , , , ,

12 thoughts on “Membaca Bukan Sekedar Membaca

  1. upiw says:

    Buset mak postingannya langsung buanyak bangettt.. hahaha..
    Setuju banget untuk mengenalkan kebiasaan membaca sejak dini.. walo waktu jenna masih di bawah setahun lebih sering ngelus dada karena bukunya dia robek robek.. huhuhu.. kalo sekarang dia udah sangat tertarik sama buku tapi masih belum bisa jaga banget.. kadang buka halaman bukunya kasar bener sampe robek dikit ato minimal lecek. Jenna juga sering milih buku yg pengen dibacain. Yg lucu kalo ada buku favorit yg udah berpuluh2 kali d baca kadang dia udah apal aja gitu sama isinya.. hahaha..
    Jenna suka banget buku tentang binatang. Tapi akhir akhir ini lagi seneng dibacain buku tentang tulang.

  2. bunda Rizma says:

    hai mama mikha n deo, salam kenal yah. ih bagus banget blog-nya. sangat menginspirasi. boleh ya nyontek permainan2nya, hehe… anak sy masih 13 bulan sih, tapi nyicil ide untuk mainan kalau sudah seperti mikha :)))
    kalau boleh tau, kegiatan mendongeng dimulai saat kapan? saya membacakan buku kalau anak saya sudah tidur/pas sudah guling2 setengah sadar. tapi kadang2 kelupaan kalau sayanya ngantuk saat menyusui😀

    • Wiena says:

      Hai bunda Rizma. Salam kenal dan makasih ya sudah mampir🙂 kegiatan baca buku/dongeng kami lakukan sebagai kegiatan sebelum tidur. Kalau saat anak2 setengah sadar biasanya kami hanya ngobrol2 saja atau pillow talk. Kalau sekarang mikha sudah bisa minta baca buku sendiri atau dibacakan jadi di luar waktu sebelum tidur juga kami baca buku.

  3. bunda Rizma says:

    sama2…
    maaf kurang lengkap deh pertanyaan saya. mksdny mulai kapan itu mulai umur brp?🙂
    kl saat ini,dibacain buku waktu sadar pasti bukunya diminta dan diacak-acak😀

    • Wiena says:

      Ow… Dari dalam perut sudah mulai membacakan buku atau bercerita bunda. Kalau pas bayi lebih sering anaknya pegang dan kami bercerita saja. Lama2 mereka nyimak🙂

  4. bunda Rizma says:

    oooh… gitu.
    kalau mikha pakai flash card nggak mom?

  5. bunda Rizma says:

    mom, kl utk 14 bulan mainan edukasi mikha apa ?

    • Wiena says:

      Kalau Mikha dulu pas 14 bulan paling main2 mainan yang ada aja mba. Masih fokus motorik nya dia, manfaatin barang2 yang ada di rumah.

  6. Ijin share yo maakkk..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: